Home » » Hal yang Ditakutkan Sahabat Umar RA, Adalah Adanya Orang yang Merasa Bahwa Tidak Ada Hukum Islam dalam Masalah Sosial

Hal yang Ditakutkan Sahabat Umar RA, Adalah Adanya Orang yang Merasa Bahwa Tidak Ada Hukum Islam dalam Masalah Sosial

Written By Unknown on Wednesday, May 6, 2015 | 5:33 AM

Hal yang Ditakutkan Sahabat Umar RA, Adalah Adanya Orang yang Merasa Bahwa Tidak Ada Hukum Islam dalam Masalah Sosial
Saat ini, banyak sekali orang, termasuk tokoh-tokoh Islam yang meraasa bahwa Islam hanya mengurusi masalah moral dan hubungan manusia dengan tuhannya. Namun mereka merasa bahwa Islam tidak mengatur masalah-masalah sosial, termasuk masalah hukum pidana dan masalah-masalah pemerintahan.


Inilah yang ditakutkan oleh Sayyidina Umar ra, Khalifah kedua dalam Islam. Kekhawatiran beliau tentang masalah ini, ada di dalam Kitab Shohih Bukhori, hadits no 6828. Berikut terjemahannya.

*****

Menceritakan kepadaku Ali bin Abdullah: Menceritakan kepadaku Sufyan dari Az Zuhry, dari Ubaidillah, dari Ibnu Abbas ra, beliau berkata: Umar ra. berkata: "Aku khawatir dari perjalanan waktu yang panjing, nanti ada orang yang berkata: Kami tidak menemukan hukum rajam di kitab Allah. Mereka menjadi tersesat karena meninggalkan kewajiban yang telah diturunkan Allah. Ketahuilah bahwa rajam adalah haq bagi orang-orang yang zina, dalam kondisi muhson (telah memiliki istri atau suami), ketika bukti telah ditegakkan (di pengadilan) atau terbukti hamil, atau karena pengakuannya."

Sufyan berkata: Demikianlah yang aku ingat. Ketahuilah bahwa Rasulullah sungguh pernah menghukum orang dengan rajam, demikian pula orang-orang (para khalifah) sesudah beliau.

Oleh Ustadz Choirul Anam
[www.al-khilafah.org]


from Al Khilafah http://ift.tt/1GZ3xDv
via Al-khilafah.org
Bagikan Artikel ini :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Anti Copyright © 2013. Komunitas Blogger Ideologis - Semua isi Blog ini Boleh disebarkan
Template Created by Creating Website Modified by Tan Saliman
Proudly powered by Blogger